STA 7 – CMS ‘Blog’ Showdown (bagian akhir)

June 20, 2007 STA - Secangkir Teh Anget | Comments (3) dj @ 9:52 pm

Waa… makin ke sini makin telat deh nongol STA-nya :mrgreen: . Belakangan ini aku rada sibuk sih… Wal hasil, jarang online deh. Ini tadi nyempetin nulis STA 7, itung2x refreshing lah… 🙂

Nah.. di STA 6 kan ngebahas tentang berbagai CMS tuh.. kalo blom baca ke sini aja:
http://namaku.dijas.net/2007/06/06/sta-6-cms-showdown-phpnuke-mambo-joomla-plone-drupal-wordpress-b2evolution-dll-bagian-pertama/

Sekarang kita akan bahas tentang CMS blog… sebenarnya masih banyak lagi tuh.. CMS forum, wiki, de es te… Tapi kayaknya sampe blog aja kali yah, soalnya kalo dibahas yang lain2xnya jadi kuliah CMS deh.. qqqq… :laugh:

Blog open source apa aja yang akan dibahas? textpattern, b2evolution, wordpress, drupal. Sebenarnya pengen masukin bblog juga, tapi nggak jadi karena desainnya ga kompatibel dengan browser IE 6.0 . Weleh2x.. kok bisa ya? 😕

O iya, ada satu hal yang kurang nih. Aku belum pernah nge-blog di hosting gratis kayak di blogspot, blogsome, , de es te. Karena apa? karena aku sendiri baru nge-blog bulan maret 2007 kemaren… hehehe… :mrgreen: . Dan ada domain sendiri, yo wis tak tebeng aja 1 blog 😛 . Yah, walau blom pernah nyobain mudah2xan pembahasan tentang blog-nya masih rada berbobot lah 😛

Ok, mulai aja yah..
1. Textpattern
Yang digunain textpattern versi 4.0.4.
Simple… itu yang terlintas pertama setelah nginstall-nya. Sangking simplenya jadi no comment deh.. :mrgreen: . Hehehe… bukan maksudnya jelek, tapi sebaliknya bagus… Yang dibutuhkan buat nge-blog dah lengkap. Apa lagi ada fasilias log-nya (di blog2x lain ga ada atau blom tentu ada). Cuman satu yang kurang… Gak ada buat daftar usernya.. Hanya admin yang bisa nambah user. Sayang banget yah?? padahal yang lainnya udah lengkap tuh. Semoga kedepan ada fasilitas itu deh… 🙂

Nih screenshootnya:
TextPatern

(more…)

Linkin Park – Stop The Stupid War!

June 13, 2007 Sumbangsih Ku | Comments (1) dj @ 11:14 am

Linkin Park - Title
LINKIN PAAAARRRKKK…!!!!!!!
Wooww….
I like it so much…. ‘Minutes to Midnight‘ ^_^

1. What I’ve Done (Click here to get the lyrics)
2. No More Sorrow (Click here to get the lyrics)

Yeah, they’re my favorite songs!!!

If you want listen ‘What I’ve Done‘, dont forget to set ‘bass:treble’ at least in ’65:100′ (interval 1-100). It’s cool IMO. No Bass No Rock! In my friend laptop (no bass) this song is sux :mrgreen: .

The lyrics make me sad.. 🙁 When i saw their music video…. Owww…. :cry2: (i dont know what should i tell you….). Stop the f**kin’ war!

Here, some screenshoots of What I’ve Done:
(all the pics least than 31Kb and the overall is only about 200-250kb, so should be load faster in your browser)

1. Beginning
Linkin Park - Beginning

2. Bom boom bbboooooooommmmm…..
Linkin Park - BooM
(more…)

STA 6 – CMS Showdown – PHPNuke, Mambo, Joomla, Plone, Drupal, WordPress, B2Evolution, dll (bagian pertama)

June 6, 2007 STA - Secangkir Teh Anget | Comments (5) dj @ 10:52 am

.

Topik ini request dari Lira (temen pas D3 dan Ekstensi S1). Requestnya sih dari pas STA 1, tapi baru kesampaian skrg ngebahasnya. hehehe… gpp kan? 😛

O iya, karena topiknya terlalu luas jadi aku bagi dua aja. Yang pertama tentang CMS yang general, dan yang kedua adalah CMS khusus blog (Buat STA 7). Yup, kita mulai aja yah…

Content Management System (CMS) adalah sistem aplikasi yang digunakan untuk memanage suatu content. Karena kita lagi ngebicarain tentang web, jadi yang di-manage dan di kontrol itu ya website yang ingin kita bangun. Dengan menggunakan CMS, kita akan mudah untuk:
– menambah, mengubah, dan menghapus document
– menyisipkan dan menghapus suatu fungsi (bahasa kerennya sih plugin 😛 )
– mengatur user
– meng-upgrade
– de el el

Untuk lengkapnya silahkan baca di sini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Content_management_system

Yang dibahas sekarang cuman 2 CMS, Joomla dan Drupal.
Loh? kok judulnya ada banyak tuh? Ada PHP Nuke, Mambo, Plone, wordpress, dll.
Iya, dibahas dikit kok.. 😉

1. PhpNuke? yup, CMS yang terkenal dengan bugs-nya. Aku kan ikutan forum luar tuh, salah satu dari mereka ada yang cerita 2 kali kena deface karena pake PhpNuke :doh: . Tapi kalo kalian emg udah cinta ama PhpNuke, saran ku pake pecahaannya aja.. kayak xoops, postnuke, atau yang lain.

2. Mambo? Duh… era mambo udah lewat bungg..!!! Joomla yang sekarang adalah sosok Mambo yang sebenarnya (seluruh pentolan mambo di joomla ^_^). Sayang banget yah…. dikala dinobatkan menjadi cms terbaik malah terjadi perpecahan.. Sebenarnya ini menarik dibahas, tetapi udah diluar konteks. 🙂

(more…)