STA 8 – Dilema Benwit di Indonesia

July 10, 2007 STA - Secangkir Teh Anget | Comments (4) dj @ 6:43 am

Alo…
waa… dah lama aku nggak ngisi blog nih. STA – 8 keluarnya telat seminggu deh.. Hihihi… gpp lah, abis belakanngan ini kerjaan ku buanyak banget. ^_^

Untuk STA – 8 ini aku mengambil topik tentang “Dilema Benwit di Indonesia”.

Yeepp… bukan rahasia umum lagi bahwa kita adalah negara yang mempunyai akses internet yang lambret tapi muahaaallll buaanggeett… Aku akan sharing tentang beberapa pengalaman ku tentang koneksi internet di indonesia terutama di dunia selular. Dari GPRS, CDMA, sampe 3.5G

O iya, sebelum mulai, sekedar mengingatkan aja nih.. Bahwa ngitung kecepatan internet itu ada dua, bit dan byte. 1 byte = 8 bit. Jadi kalo ada koneksi internet 128kbps, itu artinya kecepatan maksimumnya 16KB/s

Berawal pas masih kuliah D3 dibogor, tahun 2004 (kalo ga salah loh :p ), saat itu ada paket internet yang super murah… Apa itu? Yup… Matrix dengan paket Rp 25.000,- unlimited. WOw… Tapi sayang nggak berlangsung lama, cuman saat promosi doang sih.. Rata2x kecepatan donlodnya sekitar 3-6 KB/s

Setelah lulus tahun 2004, aku ngelanjut kuliah ke yogya. Yang pertama kali aku katakan tentang dunia internet di yogya adalah “Wooowww….”. Yup… yogya lebih maju dari bogor. Kecepatan internet di warnet yogya rata2x > 128kbps. Bandingkan dengan di bogor, yang kebanyakan 64kbps (di share lagi).

Warnet tercepat di yogya kayaknya ada di bayonet di dekat gramedia dengan kecepatan 1024kbps. Nah udah dulu yah bicara tentang warnetnya. Skrg kembali ketopik tentang koneksi pake Ha Pe.

1. GPRS
Seperti yang udah aku ceritain diatas. So nggak usah di ulang lagi aah… :p . O iya, dulu aku ngenetnya pake HP siemen C60 dengan kabel data

2. CDMA
Setelah puasa internet beberapa lama, aku melirik teknologi internet di CDMA. Ada tiga operator yang aku coba. Flexi, Starone, dan Fren. Dari ketiga operator tersebut, Fren adalah yang tercepat (tapi skrg sering dc), dan Starone adalah yang paling geblek!. Akhirnya aku memutuskan untuk pake fren, ambil paket 150rb untuk 200mb (gile.. mahal banget..). Kenapa aku ngambil fren? karena aplikasinya mudah, kalo starone ribet bin susah (tapi murah sih paketnya..). Kecepatan donlod yang aku dapet, stabil di 16KB/s. Aku gunain HP Nokia 3205 dengan kabel data.

3. 3G (UMTS) dan 3.5G (HSDPA)
Setelah performa fren menurun, aku memutuskan untuk berhenti. Kemudian aku berpaling ke teknologi 3.5G dibulan Juli 2007. Yup… M2 dari indosat… Kebetulan tempat ku dapet 3.5G. Yang terlintas pertama kali adalah… BBBBBBBuuuuuuuuusssssssssseeeeeeeeeetttttttt……………. Gile looee… Aje gile looeee…. Ajib2x… Kecepatan yang aku dapet di yogya sampe 300KB/s. Ketika aku dapet kecepatan 16Kb/s di CDMA aku sudah puas, ternyata di atas langit masih ada langit. Yep2x… kecepatan terbaik yang aku dapet dari 3.5G adalah 2.6Mbps dari 3.6Mbps (modem ku cuman suport sampe 3.6Mbps). Aku gunain Modem paket internet M2 dari indosat.

4. 4G
Hmm… yang ini masih jadi topik yang lumayan hangat skrg. Terdengar kabar bahwa 4G sengaja tidak boleh masuk ke indonesia hingga akhir tahun depan. Denger2x sih karena beberapa operator sudah banyak investasi di 3.5G dan blom balik modal. Huh… aneh yah? kenapa sih indonesia kayak gitu? Coba bayang kan… kecepatan 4G itu lebih cepet dari 3.5G, kalo nggak salah sih kecepatan maksimumnya sampe belasan Megabit gitu. Dan biayanya sangat murah….

5. Gedung Cyber
Nah, ini pusat dunia maya indonesia. Tercatet temen ku pernah donlod file linux (sekitar 2-3 GB) dalam waktu 2-3 jam (server lokal sih.. :p ). Kecepatan yang pernah ku dapet disana sih 2.6MB/s atau sekitar 20.8Mbps. Tapi untuk akses ke luar masih lemot, pernah dapet 200KB/s tapi stabil di 30-60KB/s :(.

6. Lain2x…
Hmm…. sebenarnya ada lagi sih yang lain, kayak XL unlimited, yf, dll. Tapi aku nggak bisa bicara banyak tentang itu karena aku blom pernah nyobain.

Yup.. itu pengalaman ku di dunia internet. Menyedihkan yah meliat kondisi internet di indonesia… Tau nggak, aku ikutan di forum luar. Pas nimbrung di sana aku baca bahwa mereka ada koneksi 7Mbps, dan mereka bilang yaahh.. kalo dapet 2Mbps lumayan lah… Edun… kita aja di sini dapet koneksi 128kbps udah syukur.. Ck ck ck….

Bahkan menurut penuturan temen ku, di jepang itu ada rumah yang share koneksi internet 1Mbps untuk sekitar 5 orang. Gila… disini 1Mbps dijadiin warnet dan dishare 40 komputer… Bener2x geblek…

Udah dulu ahh… smg koneksi internet di indonesia makin kenceng dan murah deh…

Ok sekian dulu yah… Seperti biasa: (disclaimer nih ceritanya 😛 )
“aku nulis ini bukan buat menggurui loh, aku juga masih belajar, so sama2x blajar aja. Mohon maap kepada para master kalo ada tulisan ku yang salah, mohon dikoreksi yah… piss ^_^”

c u in next STA – Secangkir Teh Anget ^_^

Regards,

dj

4 Comments »

  1. Stelah frek 2.4 GHz berhasil dibebaskan,ayo sama2 berjuang dan berdoa membebaskan frek 5 GHz.

    Comment by oeoe :: July 16, 2007 @ 3:53 pm
  2. iyah..
    da bandwithnya 9ede
    lemood pisan euuyy.. 🙁

    Comment by wi3nd :: August 10, 2009 @ 4:24 pm
  3. lag bng3t dzn! ky4 mn4 nch …… ???

    Comment by aisy :: November 9, 2010 @ 11:06 am
  4. ซื้อ เบอร์ สวย ais

    dj's-Blog » STA 8 – Dilema Benwit di Indonesia

    Trackback by ซื้อ เบอร์ สวย ais :: April 22, 2017 @ 9:23 am

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

  1. You must be logged in to post a comment.

    Maaf, anda harus login untuk mengisi komentar.