STA 5 – Mengamati Google dari Dekat (seberapa sering sih?)

May 16, 2007 STA - Secangkir Teh Anget | Comments (0) dj @ 6:37 am

Ketemu lagi di STA – Secangkir Teh Anget…

Seperti biasa, seluruh arsip STA bisa di lihat di blog ku:
http://namaku.dijas.net
dan untuk contoh program live beserta gambar dan/atau PDF bisa di lihat dan didownload di:
http://sta.dijas.net

Rencananya sih di STA 5 ini pengen ngebahas tentang CMS, tapi ternyata aku kelupaan untuk nyari2x bahannya 😛 . Eh, tau2x udah tanggal 16 aja.. :mrgreen: . Trus akhirnya tak ganti deh topiknya jadi Mengamati Google dari Dekat (seberapa sering sih?). Karena cakupan google terlalu luas, jadi aku batasin aja tentang seberapa sering google mengindek situs kita. 🙂

Topik ini aku tulis berdasarkan pengamatan dan pengalaman ku sendiri.

Ok… kita mulai…

Ide dasar kenapa aku milih topik ini adalah kalo kita bikin web kan ‘biasanya’ (ingat loh biasanya) untuk di publish dan dibaca orang lain. Jadi intinya:
– Ngapain dong susah2x bikin web kalo cuman kita doang yang ngunjungin :mrgreen: .
– Ngapain dong kalo kita bikin tulisan yang bagus di web kalo nggak ada yang baca
– Ngapain dong kita bikin desain yang super wah kalo cuman kita aja yang bisa nikmatinnya
– Ngapain dong dong? 😛
. :cd:

Nah, biar situs kita nongol di google, kita perlu submit situs kita ke sana. Ada dua cara:

1. Daftar biasa => http://www.google.com/intl/en/submit_content.html
2. Daftar pake account gmail => https://www.google.com/webmasters/tools/siteoverview?hl=en

Nah.. Kalo cara biasa, situs kita bakal lama di index google (apalagi situs2x yang develop sendiri). Dulu, pas aku submit http://mideis.com (3,5 tahun lalu), di indek sama google itu 1-2 bulan kemudian… Buuseeett… :cry2:

Trus blog ku yang skrg http://namaku.dijas.net, aku submit pake cara yang kedua. Dan hasilnya +/- 10 hari langsung di indek google :blushing: . Senangnyaa.. ^_^

Nah sekarang kita ke topik utama nih.. tentang seberapa sering google akan mengindek situs kita. Syarat pertama yang paling mudah adalah mem-verifikasi situs ke ke google. Dengan asumsi kita dah daftar situs kita ke google pake account gmail, skrg pergi ke https://www.google.com/webmasters/tools/siteoverview?hl=en trus pilih situs yang kita masukin. Nah.. nanti ada menu untuk verifikasi.

Ada dua cara verifikasi yang ditawarkan, dan cara favorit ku adalah dengan men-submit halaman htm kosong ke situs kita (nanti google ngasih petunjuk tentang nama file yang harus di-submit).

Nah.. untuk tahap awal, google akan datang 1 minggu sekali ke situs kita. Jadi kita nggak usah sering2x update situs dulu :mrgreen: . Google akan mempercepat kedatangannya kalo pas kedatangan selanjutnya ada sesuatu yang baru disitus kita.

Blog ku http://namaku.dijas.net umurnya kan baru 2 bulan tuh (pertengahan april di submit ke google), sekarang aku mau ceritain pengalaman pribadi ku dengan google:

1. Google datang 7 hari sekali, aku update blog 6 hari sekali
2. Google datang 6 hari sekali, aku update blog 5 hari sekali
3. Google datang 5 hari sekali, aku ga nyangka jadi miss deh… :cry2:
4. Google datang 5 hari sekali, aku update 4 hari sekali
5. Google datang 4 hari sekali (1 Mei 2007), situs ku sempet di update…
6. Google datang 3 hari sekali (4 Mei 2007), aku ga nyangka dan telat update :cry3:
7. Google datang 3 hari sekali (7 Mei 2007), situsku sempet di update…
8. Google datang 4 hari sekali (11 Mei 2007), situsku sempet di update… (yang ini rada janggal, seharusnya dateng tanggal 10 :doh: )
9. Google datang 2 hari sekali (13 Mei 2007), aku kaget :laugh: tapi untung sempet diupdate
10. Sekarang ga tau deh, kapan datangnya lagi.. seharusnya sih tanggal 15 Mei 2007, tapi aku kemaren ga update blog ku. cuman ada beberapa yang ngasih komentar di blog 😛

Nah.. itu pengalamanku.. Jadi google akan datang secara dinamis tergantung seberapa cepat kita mengupdate blog kita… Target ku untuk saat ini sih google datang sekitar 2-3 hari sekali. Soalnya blom kuat kalo harus nulis artikel tiap hari :blushing2: .

Apa sih enaknya kalo situs kita di indek google?
1. Semakin banyak di indek, semakin besar peluang muncul di google
2. Kita punya back-up yang terjamin :mrgreen: (kan kalo searching pake google kita bisa milih untuk browsing atau ngelihat cache google 😛 ) . Soalnya aku punya pengalaman buruk tentang server ku yang terbakar dan semua data ilang… :cry2:
3. dll

Nah, ada cara lagi agar google tau skema situs kita. yaitu dengan masukin site map situs ke google. Karena yang ini aku blom pernah nyoba, jadi nggak berani bahas (ntar disangka sok tau lagi 😛 ) . Tapi ada tools yang bisa bikin itu, kalo di wordpress tinggal install plugin-nya trus nanti kebentuk file xml dan kita tinggal submit itu ke google. File xml itu berisi tentang semua link2x yang ada disitus kita.

Ada yang berniat untuk ngebahas ini? monggo…. 🙂

Ok sekian dulu yah… Seperti biasa: (disclaimer nih ceritanya 😛 )
“aku nulis ini bukan buat menggurui loh, aku juga masih belajar, so sama2x blajar aja. Mohon maap kepada para master kalo ada tulisan ku yang salah, mohon dikoreksi yah… piss ^_^”

c u in next STA – Secangkir Teh Anget ^_^

Regards,

dj

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

  1. You must be logged in to post a comment.

    Maaf, anda harus login untuk mengisi komentar.